Bahan-Bahan untuk membuat Fiberglass

blogger templates
Real-fadli.blogspot.co.id | pada postingan sebelum nya saya sudah menjelaskan apa itu fiberglass? nah pada kesempatan kali ini saya akan bagikan apa saja bahan yang akan digunakan untuk membuat fiberglass

Bahan - Bahan untuk membuat fiberglass terdiri dari beberapa macam, apa saja bahan tersebut? coba kita ketahui

1. Aerosil 


Bahan ini berbentuk sangat halus jika dilihat kasat mata bentuk nya seperti butiran halus cristal dan sangat ringan. saat anda menggunakan bahan ini gunakan masker hidung agar tidak terhirup karena benar - benar sangat halus dan tidak seberat dari yang di bayangkan.

Ini adalah kekuatan dasar dalam membuat fiber, penggunaan aerosil ini sangat kuat sehingga seringkali di jadikan sebuah pondasi di banding dengan talk fiber. Harganya pun biasanya 10 kali lebih mahal dari talk biasa yang di tawarkan oleh penjual di toko kimia.

2.Resin


Resin merupakan salah satu bahan material yang tak boleh di pisahkan dalam membentuk sebuah fiberglass, sebab inilah campuran utama dari dasar pembuatan fiberglass. Umumnya, resin ini memiliki bentuk atau wujud berupa cairan kental seperti lem pada umumnya, terdapat pula beberapa jenis yang di kategorikan dan harga yang di tawarkan untuk bahan - bahan pembuat fiberglass. Beberapa jenis tersebut di kategorikan dengan nama yaitu Resin butek/burem dan Resin bening.

Kedua jenis tersebut di bedakan dengan warna yang di hasilkan, jika resin butek/burem di dominasi dengan warna yang tercampur dan terlihat kurang bening untuk membuat karya seni, sehingga resin ini biasanya di gunakan perajin fiber sebagai dasar awal yang di campur dengan Aerosil maupun Talk. dan harga nya pun lebih murah dari Resin Bening.

Sedangkan untuk Resin Bening ini memiliki struktur warna lebih bening dan tidak terdapat gelembung udara, Sehingga cocok di gunakan untuk kebutuhan membuat kerajinan seperti cindera mata, gantungan kunci dsb. Harga dari resin bening ini biasanya 2x lipat harganya dari resin butek/burem.


Fungsi dari resin sendiri adalah pengencer talk atau aerosil, yang kemudian di campurkan dalam wadah yang disiapkan lalu di aduk dengan rata. Setelah itu apa lagi? sebentar masih banyak bahan lainnya.

3. Katalis


Katalis merupakan salah satu yang tak kalah pentingnya di siapkan, sebab katalis ini adalah kunci untuk mengeraskan fiberglass. Katalis sendiri berbentuk cairan putih jernih. fungsinya sebagai pengeras resin, baik itu resin yang telah di campur talk atau pun belum di campurkan talk atau aerosil. untuk porsinya  cukup gunakan katalis sedikit saja tergantung resin yang anda gunakan. perbandingan nya adalah 1 katalis berbanding 30 resin.

3. Pigmen Warna


Pigment merupakan zat pewarna untuk bahan fiberglass yang berupa bibit pewarna agar fiberglass yang anda buat akan lebih menarik dilihat. Bahan ini tidak terlalu penting di gunakan dalam membuat fiberglass, karena hanya mempengaruhi warna saja. Tergantung pada anda yang akan menggunakan fiberglass ini untuk kebutuhan anda? warna nya bervariasi disesuaikan dengan selera anda.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan pigment setelah anda mencampurkan Resin dan Talk/Aerosil, setelah di aduk sampai rata masukan pigment sekitar 5% saja dari yang anda buat. atau kurang lebih perbandingannya 20:1 dari campuran yang anda buat.

4. Mat


Mat merupakan bagian penting dalam fiberglass, mat sendiri memiliki bentuk yang cukup mirip dengan kain dan terdiri dari beberapa model mulai dari yang halus sampai dengan yang kasar. fungsinya sebagai pelapis campuran fiberglass, sebagai pengikat nya agar fiberglas tidak mudah retak dan pecah. Mat ini hanya berlaku untuk pembuatan fiberglass yang berbentuk kasar atau besar, jika untuk sebuah kerajinan sepertinya tidak terlalu penting mengingat ukuran kerajinan sendiri berukuran lebih kecil.


5. Talk


Talk merupakan salah satu komponen dasar dari pembuatan fiberglass, fungsi dari talk sendiri mirip dengan yang saya jelaskan diatas yaitu aerosil. Jika aerosil memiliki kekuatan yang baik dan harga yang mahal, maka talk ini adalah alternatif dari aerosil sendiri. bentuknya talk mirip dengan bedak bayi. berfungsi sebagai campuran resin agar semakin kuat saat fiberglass telah jadi.

6.Aseton


Aseton merupakan sebuah cairan pengencer Resin yang telah mengeras, pada pengelaman saya yang telah lalu. Resin dalam jerigen kecil dan lupa untuk menutup nya kembali maka Resin ini cepat sekali membeku, sehingga daripada di buang saya menggunakan cairan Aseton ini untuk mengencerkannya kembali. ini berbentuk cairan berwarna bening, fungsinya adalah mencairkan resin yang telah keras atau terlalu kental sehingga pembentukan fiberglass menjadi sulit dan lama jangka pengeringannya.

7. Dempul


Dempul merupakan bahan yang di gunakan untuk membentuk fiberglass yang telah mengeras dan mengeras. setelah cetakan fiberglass jadi maka dilakukan pengamplasan dan di haluskan oleh dempul. Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya anda gunakan polyester tahap akhir yang sering di kenal dengan dempul/putty.


Mungkin cukup sekian saya ingin tahu lebih lanjut silahkan kontak saya atau post kan komentar di bawah ini, Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung 

0 Response to "Bahan-Bahan untuk membuat Fiberglass"

Post a Comment