Tips Penggunaan Clear Coat/Pernis

blogger templates

Tips Penggunaan Clear Coat/Pernis 

 

Hallo Sahabat FI. lama tak update sibuk kerja di dunia nyata hehehe.

Baiklah kali ini saya akan membeberkan tips pada anda yg ingin mencoba untuk menggunakan Pernis/Clearcoat. Anda akan menggunakan clear coat pada lapisan terakhir pengecatan diatas warna cat yang anda aplikasikan sebelumnya. Clear Coat akan memberikan lapisan bening dan mengkilap yang akan memberikan perlindungan pada cat sehingga anda dapat melakukan pemolesan cat tanpa merusak cat dan warna mobil anda.
Pada jaman dulu penggunaan clear coat adalah hal yang sangat jarang pada pengecatan. Pemolesan pada cat yang tidak dilapisi clear coat akan mengakibatkan warnanya memudar. tidak akan bertahan lama


baik langsung saja ke intinya, cekitdot!!

1.Cara Pencampuran Perbandingan Clear Coat:

Anda harus mencampur clear coat menggunakan thinner supaya encer, mudah di semprotkan pada spraygun. Sedangkan fungsi hardener untuk meningkatkan ketahanan dan kilapnya.
Menggunakan clear coat MS ( middle solid ) system, pencampuran dengan perbandingan 100:25:75 ( 100 clear coat : 25 hardener : 75 dan tergantung bada suhu lingkungan penggunaan thinner tidaklah baku sesuai masing produk)

Sebelum anda gunakan lihat bagian kaleng atau kemasan akan tertera campuran antara base dan hardener. Gunakan Thinner PU atau PU Extra Slow agar hasil lebih maksimal

Pengeringan Clear Coat
Tergantung pada tiap kondisi pengecatan, lebih baik menggunakan produk clear coat yang didesain untuk kering udara daripada menggunakan produk khusus ruang oven apabila anda melakukan pengecatan tidak di ruang oven.
Terkecuali apabila anda menggunakan ruang oven, anda tidak dibatasi menggunakan jenis clear coat type apa saja yang dapat anda gunakan.

Pengecatan Modifikasi.
Cat mobil motor modifikasi untuk kontes selalu mutlak membutuhkan clear coat yang mempunyai karakter melindungi. Hal ini bertujuan supaya pemolesan dan waxing tidak langsung menyentuh atau berpengaruh pada blending warna, partikel metalik, penggunaan warna mutiara, dan model gambar grafis dari airbrush.

Clear coat yang bagus biasanya sudah di tambahkan formula khusus untuk perlindungan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya sehingga dapat melindungi warna cepat memudar.

Sangat Penting Perhatikanlah tiap spesifikasi produk clear coat, apakah itu mengacu pada penggunaan langsung pada permukaan, ataukah penggunaan pada produk yang lain yang digunakan dalam satu paket sistem.

Banyak produk individual yang didesain khusus untuk satu bagian yang hanya dapat digunakan pada sebuah paket sistem, yang dapat memberikan efek buruk dari warna yang dihasilkan, daya lekat yang kurang bagus, dan menghasilkan permukaan yang meleleh terhadap kombinasi yang salah.

Untuk itulah anda harus menentukan type bahan untuk pengecatan apakah jenis enamel, lacquer atau bahan polyurethane sebelum anda membeli produk cat untuk mobil anda. Cat mobil terbaru menggunakan bahan polyurethane, oleh sebab itu bahan enamel dan lacquer sudah ketinggalan jaman saat ini.

Untuk menentukan apakah mobil anda menggunakan bahan type yang mana dengan cara, carilah kode nomor seri cat yang biasanya terletak pada bagian mobil anda. Mungkin di dalam kap mesin atau di samping kemudi. Carilah informasi di pabriknya atau toko cat mobil di sekitar wilayah anda. Informasi tersebut tersimpan pada file komputer atau kartu warna sehingga akan cepat mengetahui jenis bahan cat apa yang digunakan pada saat pengecatan dari pabriknya.

Pengecatan dengan Multi sistem
pada jaman dulu, mobil hanya menggunakan primer dan satu tahap pengecatan. Tidak ada pemakaian bahan cat metalic atau mutiara dan juga clear coat untuk melindunginya ( cat warna solid ).
Warna solid yang langsung mengkilap setelah diaplikasikan memberikan perlindungan yang sedikit.
Pabrik mobil sudah meninggalkan sistem ini dan beralih ke multi sistem pengecatan yang dapat memberikan macam efek warna yang berbeda beda dan juga keawetan hasil pengecatan.

Penggunaan cat dan clear coat multisistem termasuk :

*Mencakup penggunaan aplikasi warna cat.
*Penggunaan clear coat.

bagaimana pencampuran dan aplikasi cat dan clear coat ?

Cat dicampurkan dengan thinner untuk pengecatan, sehingga dapat diaplikasikan pada penyemprotan yang ideal.

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa, clear coat juga dicampur dengan thinner dan hardener untuk meningkatkan kilap dan tahan lamanya.

Teorinya, setelah anda menggunakan cat untuk menutup lapisan primer dan mendapat kan warna yang di inginkan, gunakanlah lapisan clear coat sebanyak 2 atau 3 lapisan.
setelah pengeringan anda harus melakukan pengamplasan, compound, obat poles untuk menghasilkan kilap yang bagus. saya sarankan anda untuk menggunakan clear coat 3 lapisan, ingat jangan langsung untuk tebal. disebar lebih baik saat pengaplikasian

apabila anda mencampur bahan dengan akurat pada cat dan clear coat urethane system dimana akan memudahkan penyemprotan yang lebih mudah daripada yang berbahan nitrocellulose atau dibawahnya.

Apabila anda menemui kesulitan carilah Bantuan extra.

Carilah informasi produk dari toko cat mobil dan tanyalah kepada karyawanya.
Karyawan ini sudah di training tentang produk cat dan pengaplikasian produk cat yang anda beli. Tanyalah mengenai cara campuran spesifik dan teknik pengaplikasianya pada iklim dan cuaca di daerah anda.
Siapkan daftar pertanyaan sebelum anda ke toko tersebut, mereka akan dapat membantu anda di masing - masing daerah anda berada. 


Bagaimana sudah mengerti? ngerti dong hehehe. 
terimakasih sudah berkunjung. 

2 Responses to "Tips Penggunaan Clear Coat/Pernis"