Cara Mendempul Yang Baik dan Benar

blogger templates
Hallo sahabat FI, di dalam dunia pengecatan ada 2 tehnik yang utama. yaitu pengecatan dan pendempulan.


Apa Itu Dempul?
Dempul adalah bahan yang digunakan untuk menutup lubang pada kayu maupun logam dengan menggunakan media cat air maupun kapur 

Apa Tujuan Dempul?
Pendempulan bertujuan untuk mendasari pengecatan, maratakan dan menghaluskan bidang kerja serta menambal bidang kerja yang tergores atau penyok. Pendempulan ini kemudian dikerjakan setelah pembersihan dan pengamplasan selesai. -wikipedia

yang kita gunakan disini bukan dempul kayu, tapi dempul untuk bahan logam.

 Pendempulan yang sempurna akan menentukan hasil pengecatan kita, bagaimana tidak? bagian yang pendempulan nya kurang merata akan terlihat lubang-lubang kecil atau pori-pori saat kita siram menggunakan cat akan terlihat, atau pendempulan pada panel akan terlihat bergelombang serta terlihat seperti pulau.

lalu, bagaimana cara untuk mendempul yang baik dan benar? saya akan berikan tips dan trik supaya anda cepat bisa dalam mendempul panel.

Cara penggunaan /pengolesan dempul yang harus kita perhatian dan kita lakukan.

  1. Bidang kerja sudah betul-betul bersih
  2. Dempul disiapkan sesuai dengan kebutuhan
  3. Alat/ skrap/ pisau dempul disiapkan
  4. Mengoleskan dempul dengan sekrap cat sedikit demi sedikit atau tipis-tipis, bertahap hingga rata
  5. Tunggu/pengeringan
  6. Setelah kering kita ratakan dengan mengamplas
  7. Ulangi pendempulan pada bagian yang belum rata atau belum sesuai
  8. Keringkan
  9. Amplas lagi hingga rata dan halus
  10. Bersihkan dan keringkan siap cat
Berikut adalah cara yang saya temukan di wikipedia, ini adalah cara mendempul standar, lalu bagaimana cara mendempul super cepat dan mainstream? hehe. sabar, saya akan bercerita dulu. Ada seorang pelanggan jasa saya datang untuk memperbaiki mobil nya, panel bagian bagasi belakang penyok dan ingin selesai hari ini juga, karena di kejar deadline kantor untuk menuju jakarta esok hari. dalam hati? apakah bisa saya melakukan nya sehari? Insya Allah jika Allah Menghendaki. :) sebelum nya saya buka terlebih dahulu accsesories panel bagian luar bagasi dan bagian dalam untuk pengetokan.

Bagaimana caranya setelah pengetokan berhasil? siapkan dulu material nya.
  • Gunakan dempul yang cepat kering
  • siapkan skrap dan plat keras panjang untuk membentuk
  • amplas 40, amplas 240, amplas 360, amplas 500, amplas 800 dan 1000. untuk mengetahui macam-macam amplas silahkan baca Macam-Macam Amplas
  • Air dalam Ember dan Sabun Cream/sabun colek
  • Lap
  • paking kayu dan karet
  1. Amplas Panel yang akan di dempul menggunakan amplas 40 menggunakan paking kayu, usahakan semua bagian yang akan di dempul.
  2. Ambil dempul secukupnya menggunakan skrap, tambahkan hardener. kira2 saja. antara 10 : 2
  3. isi panel yang akan di cat dengan tebal. ingat dalam mendempul tidak bisa langsung jadi, harus setahap demi setahap.
  4. tunggu beberapa menit sampai kering
  5. amplas kembali menggunakan amplas 40 menggunakan paking kayu, bersihkan panel dari sisa dempul.
  6. isi kembali dengan dempul sampai terlihat panel rata. dan amplas kembali dengan amplas 40, jika belum terlihat rata isi sampai terlihat rata.
  7. sampai terlihat rata antara pinggir bagian panel yg tidak terdempul dan panel yg di dempul, amplas menggunakan amplas nomer 240 menggunakan air dan sabun dengan paking karet
  8. setelah terilhat rata dempul tipis tunggu beberapa menit hingga kering. lalu amplas kembali menggunakan amplas nomer 360 menggunakan air dan sabun dengan paking karet.
  9. coba aplikasikan primer untuk melihat pori-pori dempul
  10. setelah primer di aplikasikan, lihatlah bagian yang masih ada pori-pori atau memulau keluar
  11. isi tipis dengan dempul lalu setelah kering amplas 500 menggunakan air dan sabun menggunakan paking karet
  12. amplikasikan primer kembali, jika sudah tidak terlihat dempulan atau rata. amplas menggunakan amplas 800 menggunakan air dan sabun dengan paking karet.
  13. amplas kembali menggunakan amplas 1000 menggunakan air dan sabun dengna paking karet. untuk finishing penyiraman basecoat untuk dasar warna. 
 saya menggunakan sistem ini tidak lebih dari 2jam. latih terus kemampuan mendempul anda jika ingin cepat bisa :) memang sulit rasanya. tapi dengan kemauan pasti ada jalan.

semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. jangan sumkan untuk bertanya 

15 Responses to "Cara Mendempul Yang Baik dan Benar"

  1. Trimakasih boss saya mau blajar jd tukang ngecat krn mau pensiun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan, semangat gan! potensi untuk jadi tukang cat masih sangat luas. mengingat jarang yang punya keahliannya

      Delete
  2. Mksh ilmunya..sy jg br mau blajar ngecat..insyah Allah sy psti bs jd tukang ngecat satu saat nnti..niat yakin usaha blajar psti bs..

    ReplyDelete
  3. Kesulitan waktu mengamplas sering dempul terkikis sampai habis, isi dempul, amplas habis lagi, mhn tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, pertanyaan yang bagus pak. Untuk mengisi dempul sebaiknya isi sampai menonjol tidak masalah. Kemudian amplas menggunakan amplas kasar dengan menggunakan paking kayu untuk mendapatkan hasil yang sejajar dengan lapisan yang lebih rata.

      Kesalahan yang sering terjadi seringkali ingin cepat rata untuk pendempulan, tetapi prinsipnya untuk mengisi sendiri untuk mendapatkan hasil yang sejajar dahulu. untuk memastikannya bisa di raba berkali - kali. jika dirasa telah sejajar atau rata, barulah bisa di lakukan plemir menggunakan dempul.

      Delete
  4. maksih infonya, smoga sukses pak

    ReplyDelete
  5. Ilmu yang sangat bermanfaat , jujur kadang kepingin rasa nya seperti anda mas , berbagi ilmu yang bermanfaat untuk orang lain , tapi masih belum bisa nge blog .....akhir nya yaa untuk Sementara jadi silent reader aja dulu ...mohon izin ya mas fadli , sekedar menambah kan , untuk mengetahui rata tidak nya hasil dempulan , gunakan jidar atau benda lurus seperti penggaris yang kaku ,atau potongan aluminium pun bisa , gunakan benda tersebut untuk menarik atau menggeret dempulan agar permukaan nya sama tinggi dengan bidang lain nya , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari belajar bersama2 pak, semuanya berawal dari nol dulu bukan? Semangat terus pak.

      Mantap sekali masukannya pak, saya lupa menambahkannya. Biasanya penggaris yang saya gunakan terbuat dari bahan arcrylic untuk memastikannya. Terima kasih masukannya mas

      Delete
  6. Salam...
    Pak sy ingin menutup pori2 kayu dengan dempul,tp sy tdk punya impra kayu,sy hanya pnya dempul plyester putty merk bodytech dikasih bos,agar dempul trsebut brfungsi seperti impra bgmna ya pak?apa dicampur air agar bisa di opes ke muka kayu dgn kuas?trimakasih pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kayu sendiri saya belum pernah mencobanya pak, mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya.

      Delete